Faktor Penyebab Penyakit Usus Buntu

Penyakit usus buntu pada awalnya adalah berupa gejala sakit perut, ciri awal ini merupakan gejala yang umum yang bisa di alami oleh siapa saja. Ciri yang khas penyakit usus buntu adalah sakit perut yang di mulai di tengah atau di sekitar pusar yang terasa timbul lalu bisa hilang kembali. Dalam waktu beberapa jam askit ini perlahan akan bergeser ke bagian perut kanan bawah perut dan cenderung fokus pada lokasi bagian usus buntu.






Faktor penyebab penyakit usus buntu :


  • Dinding usus tipis

Dinding usus yang tipis dapat menyebabkan peradangan pada usus buntu. Salah satu penyebab tipisnya dinding usus buntu adalah sering menahan buang gas atau kentut sehingga akan berbalik lagi ke usus buntu sehingga menyebabkan peradangan.

  • Infeksi pada usus besar

Adanya infeksi pada usus besar bisa menyebabkan inflamasi pada usus buntu atau tabung kecil yang berada di bagian usus besar. Ketika makan dengan sembarangan atau kurang bersih bahan pengolahannya bisa menyebabkan bakteri atau virus bisa masuk dalam usus sehingga penyakit tersebut dapat muncul.

  • Pembengkakan kelenjar

Akibat dari kelenjar yang membengkak bisa menjadikan usus buntu, karena pembengkakan kelenjar getah bening yang letaknya di bagian usus buntu atau usu besar bisa memicu penyekit.
Feses
Selain dari faktor di atas feses juga dapat menyebabkan usus buntu karena feses yang memblokir usus besar, karena kondisi tersebut tidak akan memberikan kondisi yang baik bagi kesehatan usus ataupun bisa menyebabkan inflamasi

Beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit usus buntu :


  • Adanya sumbatan

Sumbatan sisa makanan atau kotoran yang telah mengeras bisa  terjebak di dalam rongga perut dan mengisi usus buntu tersebut.

  • Faktor makanan

Ada beberapa makanan yang dapat menyebabkan timbulnyausus buntu. Misalnya biji cabe, biji cabe tidak bisa di giling halus dan biji tersebut dapat masuk ke dalam usus buntu, itulah yang dapat menjadi penyebab terjadinya usus buntu. Tidak hanya dari biji cabe tetapi dari biji buah jambu juga bisa menyebabkan usus buntu. Ada juga makanan-makanan lain yang dapat menyebabkan usus buntu seperti makanan ynag di goreng dan mengandung banyak lemak, daging insatan, daging unggas, dan makanan yang di bakar langsung.

  • Faktor gaya hidup

Gaya hidup, pola makan yang buruk bisa menyebabkan usus buntu. Misalny terlalu sering menunda lapar dalam waktu yang lama, susah buang air besar, terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung rasa pedas,asam dan asin yang tinggi.

0 Response to "Faktor Penyebab Penyakit Usus Buntu"

Posting Komentar